Cari Blog Ini

Rabu, 30 Desember 2009

Keburukan Organisasi Lini dan Staff

Organisasi ialah kumpulan dari sekelompok orang yang mendirikan suatu wadah untuk mencapai suatu tujuan yang telah disepakati bersama,dan dengan berprinsip pada azas-azas yang telah ditentukan.

Pengertian Organisasi Lini
Dalam jenis organisasi ini, pembagian tugas dan wewenang terdapat perbedaan yang mencolok antara pimpinan dan staf pelaksana. Peran pimpinan dalam hal ini sangat dominan dimana semua kekuasaan dan keputusan berada di tangan pimpinan. Pimpinan memberikan perintah dan wewenang di dalam kegiatan dan staf harus mematuhi perintah dan wewenang pimpinan.

Kelemahannya jenis organisasi ini yaitu dimana segala sesuatu harus melewati persetujuan pimpinan. Karena, pimpinanlah yang mempunyai hak penuh dalam memberikan keputusan dan juga wewenang.

Organisasi Staf
Dalam organisasi ini, tidak begitu hampir tidak ada garis pemisah antara pimpinan dan staf pelaksana. Peran staf bukan sekedar pelaksana perintah pimpinan namun staf juga berperan sebagai pembantu pimpinan. Sehingga, antara pimpinan dan staf peran yang tidak jauh berbeda. Organisasi ini mengutamakan kebersamaan dalam kegiatan. Dimana, seluruh anggota staff bisa bekerja dengan bebas.

kelemahan dari organisasi ini yaitu tidak ada batasan dari staf pelaksana di dalam melakukan kegiatan organisasi. Sehingga ia dapat mengambil keputusan sendiri dalam kegiatan organisasi.

Jadi dari kedua organisasi yang disebutkan diatas dapat disimpulkan bahwa dari kedua struktur organisasi diatas memiliki kelemahannya masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar