Cari Blog Ini

Rabu, 30 Desember 2009

Jatuhnya Moral

Beberapa hari belakangan ini kita mendengar adanya peristiwa bunuh diri yang terjadi di dalam keramaian. Entah kebetulan atau tidak, kebanyakan pelaku bunuh diri adalah para remaja terutama para wanita. Dan kejadian bunuh diri ini kebanyakan terjadi di beberapa pusat perbelanjaan dan juga apartemen.

Ini semua tidak lepas dari salah pergaulan yang mereka jalani. Memang tidak dipungkiri bahwa para generasi muda jaman sekarang sangat mudah terguncang jiwanya. Mereka begitu rentan terhadap sebuah kejadian yang terjadi di sekitarnya, yang mengakibatkan mereka mudah depresi. Baik itu yang berasal dari keluarga ataupun lingkungan sekitarnya.

Mungkin hal ini disebabkan oleh kehidupan generasi muda jaman sekarang yang bebas dan tidak memiliki aturan. Sehingga mereka dapat bertindak dengan sesuka hatinya tanpa memperdulikan sekelilingnya yang mungkin saja menggangu orang lain dan membuat orang lain tersinggung.

Memang saat ini pembelajaran kepribadian di tingkat sekolah mulai berkurang. Mereka tidak diajari cara menghadapi tantangan hidup dengan baik. Hanya pelajaran formal yang diutamakan sehingga moral generasi sekarang ini semakin jatuh dan melakukan segala sesuatu tidak dipikir dengan matang. Akibatnya, banyak kejadian yang melanggar norma-norma kehidupan. Mulai dari bunuh diri, hamil di luar nikah, pembunuhan dan masih banyak lagi.

Bila semua ini terus terjadi, tidaklah mungkin bila suatu saat nanti negara ini akan hancur. Karena, generasi muda yang kelak menjadi pemimpin bangsa ini memiliki moral yang buruk. Untuk itu kita sebagai generasi muda yang memiliki pendidikan harus bersikap yang baik sesuai dengan aturan kehidupan yang ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar