Cari Blog Ini

Selasa, 27 Oktober 2009

Media Elektronik

Dalam dunia ini semua pasti pernah berkomunikasi. Tanpa adanya komunikasi, dunia ini terasa sangat sepi. Orang-orang tidak dapat menyampaikan informasi kemanapun, dan akibatnya dunia akan menjadi ketertinggalan. Komunikasi sendiri merupakan sebuah proses penyampaian informasi dari satu orang ke orang lainnya. Baik itu informasi yang lisan atau tertulis.

Banyak dampak yang timbul bila tidak ada komunikasi di dunia ini. Terutama dalam dunia teknologi informasi. Dalam hal ini peran dari media elektronik. Media elektronik sangat berpengaruh besar dalam dunia komunikasi. Karena, di dunia ini media elektronik merupakan salah satu cara mudah untuk menyampaikan informasi dengan cepat dan luas. Berikut ini adalah contoh dari media elektronik: televisi, radio, internet, telepon dll.

Peran dari televisi sangat besar dalam komunikasi dunia. Karena televisi merupakan media elektronik yang dapat diakses dengan mudah. Televisi memungkinkan seseorang mengetahui informasi kejadian yang ada wilayahnya atau di negaranya bahkan dari penjuru dunia. Televisi merupakan media elektronik yang bisa dengan cepat menyampaikan informasi karena, informasi yang disampaikan televisi terhubung langsung dengan satelit. Sehingga memudahkan penyampaian informasi dari satu tempat ke tempat lain.

Kekurangan dari media televisi yaitu kita tidak bisa terhubung langsung dengan televisi luar negeri karena, akses sinyal untuk ke satelit membutuhkan penangkap sinyal (antena) yang khusus dan memiliki biaya yang tidak murah. Sehingga mengakibatkan komunikasi menjadi terhambat dan tidak dapat mengetahui informasi perkembangan dunia dengan lengkap.

Biasanya komunikasi dalam media televisi bersifat formal dan juga bersifat komunikasi tak langsung. Karena isi komunikasinya banyak yang berisi sebuah kebenaran. Namun tidak tertutup kemungkinan untuk sebuah informasi yang bersifat informal. Atau komunikasi yang disebarkan hanyalah sebuah desas-desus atau sebuah kebohongan publik.
Media elektronik melalui radio merupakan media elektronik yang murah. Kita hanya memerlukan sebuah radio dan kita bisa langsung mendengarkan informasi dari beberapa tempat. Namun peran radio dirasa sangat kurang karena jaringannya yang kurang luas. Radio hanya memiliki sinyal yang kecil sehingga jarak stasiun radio dengan radio hanya sekitar beberapa puluh kilometer.

Media elektronik melalui internet merupakan media elektronik yang sangat mudah sangat cepat. Selain itu, kita juga dapat mengetahui segala informasi dengan sangat lengkap. Kita juga dapat langsung menyampaikan informasi langsung pada saat itu juga. Komunikasi akan lebih mudah tersampaikan dan biasannya komunikasi ini adalah komunikasi yang tak langsung.

Melalui Chat kita bisa berkomunikasi dengan menulis pesan teks layaknya berbicara langsung. Akan tetapi, peran media elektronik internet ini tidak dapat dilakukan oleh semua orang. Karena, media internet merupakan media yang mahal memerlukan alat-alat yang mahal pula. Seperti: komputer, modem dll. Namun, dibeberapa Negara besar seperti: Amerika, Singapura, Inggris dan beberapa negara lainnya telah membebaskan biaya penggunaan internet.

Selain media-media yang telah disampaikan diatas, masih banyak media yang berpengaruh besar dalam dunia komunikasi. Seperti media cetak yang merupakan media komunikasi yang terbilang murah. Media ini bisa dengan mudah di dapatkan tanpa harus biaya yang besar.

Komunikasi tidak hanya sebatas pembicaraan langsung orang ke orang ataupun berkomunikasi melalui surat menyurat. Kita dapat memanfaatkan perkembangan dunia elektronik yang telah maju. Dengan telepon kita bisa berkomunikasi langsung dengan seseorang dengan cepat ataupun melaui internet.

Semua media yang berpengaruh dalam komunikasi telah merubah perkembangan dunia. Tanpa adanya media elektronik dan media cetak dunia ini akan sepi. Mungkin orang-orang akan diam membisu tanpa sepatah kata apapun.Orang-orang hanya dapat memendam apa yang akan diucapkan. Seperti seorang bawahan yang akan menyampaikan atasannya di luar negeri namun tidak jadi karena, jarak yang membatasi komunikasinya. Ini yang akan mengakibatkan ketertinggalan dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar