Cari Blog Ini

Selasa, 27 Oktober 2009

ARTI ORGANISASI

Dalam melakukan kegiatan yang menyangkut orang banyak kita pasti membutuhkan organisasi yang kuat. Karena dengan adanya sebuah organisasi, kegiatan akan menjadi lebih terorganisir dan juga terlaksana dengan baik. Dalam membuat organisasi kita membutuhkan sebuah nilai dan visi. Dalam membuat sebuah organisasi kita harus mempunyai nilai dan visi yang berarti apakah dibutuhkan atau bermanfaat oleh orang banyak.

Organisasi juga harus mempunyai misi yang berarti organisasi itu sendiri harus mempunyai tujuan yang jelas. Dan, apakah dengan tujuannya itu dapat membantu orang lain juga apakah tujuannya itu dapat dijalankannya. Karena, biasanya organisasi itu tidak mempunyai tujuan yang jelas. Mereka ada hanya seperti sebagai pemanis saja dalam sebuah kegiatan.

Lalu, setiap organisasi juga mempunyai aturan-aturan tersendiri. Aturan-aturan ini berguna untuk kelancaran kegiatan dalam sebuah organisasi. Organisasi itu sendiri mempunyai batasan-batasan dalam melakukan kegiatannya. Selain itu, Organisasi itu juga harus bersifat professional. Mereka melakukan segala kegiatan organisasi secara baik dan benar.

Dalam organisasi juga harus didukung oleh sumber daya yang ada. Organisasi itu perlu memanfaatkan sumber dayanya dengan sebaik-baiknya. Selanjutnya mereka juga mempunyai rencana kerja jelas. Dengan begitu organisasi tersebut bisa melakukan kerjanya dengan tepat guna. Tiap anggota atau pemimpin organisasi mempunyai insentif sendiri. Bila hal ini tidak ada maka pekerjaan akan lamban, dikarenakan mereka tidak tahu apa yang dilakukan selanjutnya dan menunggu perintah dari orang lain.

Bila semua aspek diatas dapat dipenuhi oleh sebuah organisasi, tidaklah mungkin bila organisasi akan mengalami sebuah kemajuan. Karena bila salah satu saja aspek tidak ada maka kelancaran organisasi akan goyah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar