Cari Blog Ini

Senin, 19 Oktober 2009

Struktur Organisasi

Peranan organisasi dalam dunia bisnis saat ini sangat berperan penting. Dengan organisasi sebuah bisnis akan lanacar. Kegiatan dalam bisnis akan bisa teroganisir. Sedangkan bisnis ini sendiri berkecimpung dalam bidang jasa. Seperti jasa pengetikan, servis komputer, dan cetak foto digital serta jenis jasa lain yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat mengenai komputer.
Dilihat dari segi tujuan dan luas wilayahnya organisasi ini termasuk kedalam organisasi yang bersifat niaga. Organisasi niaga merupakan organisasi yang tujuan utamanya mencari keuntungan. Selain itu organisasi ini bertipe organisasi piramida mendatar (flat). Dimana tipe organisasi piramida ini mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
Jumlah satuan organisasi tidak banyak sehingga tingkat-tingkat hirarki kewenangan sedikit
Jumlah pekerja (bawahan) yang harus dikendalikan cukup banyak
Format jabatan untuk tingkat pimpinan sedikit karena jumlah pimpinan relatif kecil.
Dari ketiga ciri-ciri di atas, ciri yang paling bawah adalah ciri yang paling menonjol. Dimana jabatan pemimpin sedikit dibandingkan dengan pekerja. Sehingga ini yang menyebabkan jumlah pekerja yang harus dikendalikan cukup banyak. Dan tingkat perbedaan kewenangan antara pimpinan dan bawahan juga sedikit.
Sedangkan dilihat dari bentuk organisasinya, organisasi ini merupakan organisasi Lini dan staff. Yaitu, antara pimpinan dan pekerja (bawahan) ikut bekerja, sama-sama mempunyai tanggung jawab yang harus dijalankan. Namun, dalam hal ini pimpinan mempunyai wewenang yang lebih dibandingkan dengan pekerja (bawahan).
Di dalam sebuah organisasi sering terjadi konflik, baik itu konflik yang terjadi di dalam diri, antar individu, antar kelompok dst. Biasanya, konflik-konflik ini terjadi disebabkan oleh sumber daya yang terbatas, perbedaan dalam berbagai tujuan, saling ketergantungan kegiatan kerja, perbedaan nilai ataupun persepsi seseorang, kemandirian organisasional, serta gaya-gaya tiap individual yang berbeda.
Untuk itu, dalam perekrutan pekerja nantinya. Seorang harus mempunyai jiwa yang professional. Mereka tidak hanya baik dalam bekerja namun, juga harus mempunyai tuturkata yang baik, tidak gegabah dalam pengambilan keputusan. Mereka dapat berkomunikasi dengan pelanggan dengan baik serta mampu mempengaruhi seorang untuk memakai jasanya.
Untuk meningkatkan keuntungan dari bisnis organisasi perlu adanya sebuah perubahan dalam lingkungan intern ataupun ekstern. Dalam intern misalnya, kebijakan pemimpin dalam menetapkan upah, perubahan tujuan yang awalnya hanya melayani bisnis dalam bidang komputer bisa ditambah dengan bisnis lainnya, perluasan wilayah yang awalnya hanya didaerah Depok bisa ditambah di kota besar lainnya, volume kegiatan yang bertambah (jam operasional), dan juga sikap perilaku dari para anggota organisasi atau pekerja.
Dari lingkungan ekstern misalnya dalam bidang teknologi, seperti pembaruan dalam alat komputer. Dalam bidang hukum, seperti penerapan aturan-aturan dalam penggunaan barang yang ada dalam lingkungan usaha dan masih banyak bidang lainnya. Setelah perubahan lingkungan baik intern maupun ekstern, organisasi ataupun perusahaan itu harus menyikapinya dengan baik. Dan dalam proses perubahan, sebaiknya organisasi itu mengadakan pengkajian, identtifikasi, menetapkan apa yang harus dirubah, menentukan strategi, dan melakukan evaluasi terhadap perubahan yang terjadi.
Dalam bisnis ini tipe kepemimpinan yang cocok adalah tipe demokratis. Dimana seorang pemimpin turut aktif dalam kegiatan juga bersifat terbuka. Tidak hanya itu, pemimpin memberi kesempatan kepada bawahan untuk memberi saran, ide-ide dan menghargai potensi individu. Serta melakukan musyawarah dengan bawahan dalam mengambil keputusan untuk mencapai kata mufakat.
Bisnis ini akan lancar dan mengalami kemajuan bila hal-hal yang telah disebutkan diatas bisa berjalan dengan baik. Juga didukung oleh sumber daya alam serta sumber daya manusia (SDM) yang mampu bersaing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar