Cari Blog Ini

Memuat...

Rabu, 06 Januari 2010

Pengertian Hubungan Antara Data dan Informasi

Pengertian hubungan antara data dan informasi tidak dapat saling ditukar pemakaiannya. Nilai suatu informasi berhubungan dengan keputusan, bila tidak ada pilihan atau keputusan, informasi menjadi tidak diperlukan. Keputusan dapat berkisar dari keputusan berulang yang sederhana sampai keputusan strategis jangka panjang.

Data yang merupakan bahan baku informasi, didefinisikan sebagai kelompok teratur yang mewakili kuantitas, tindakan dan sebagainya. Data terbentuk dari karakter, dapat berupa alphabet, angka, maupun simbol khusus khusus seperti *, $, dan /.

Sedangkan informasi dalam lingkup sistem informasi memiliki beberapa ciri yaitu:
1. Beanar atau Salah ini dapat berhubungan dengan suatu yang realities atau tidak, bila penerima informasi percaya pada informasi yang salah, maka akibatnya sama seperti yang benar.
2. Baru informasi dapat bersrti sama sekali baru bagi penerimanya.
3. Tambahan informasi dapat memperbaharui atau memberikan nilai tamabah pada informasi yang telah ada.
4. Korektif informasi ini dapat menjadi bahan koreksi bagi informasi sebelumnya, salah atau palsu.
5. Penegas informasi dapat mempertegas informasi yang telah ada, karena dapat meningkatkan persepsi penerima atas kebenaran informasi tersebut.

Istilah data dan informasi sering sekali tertukar dalam pemakaiannya, tetapi ada perbedaan mendasar yaitu bahwa data adalah bahan baku yang diolah untuk dijadikan informasi. Sedangkan informasi pada umumnya dihubungkan dengan pengambilan keputusan .

Sumber: Laboratorium TI Komputer

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar