Cari Blog Ini

Rabu, 06 Januari 2010

Manajemen Strategis

Kata manajemen berasal dari bahasa perancis kuno menagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Mengatur dalam hal mencapai suatu tujuan dengan mengandalkan orang lain atau memerintahkan orang lain. Dengan kata lain atasan memberi perintah atau mengatur kepada bawahannya. Dalam hal ini berarti seseorang menikmati hasil dari pekerjaan orang lain. Atasan hanya memerintah dan tinggal menunggu pekerjaannya terselesaikan.

Dalam sebuah organisasi seorang atasan ataupun manajer bertindak sebagai pengatur atau mengarahkan orang lain dan menjamin segala sesuatunya berjalan dengan baik dan sesuai rencana. Hal ini sangat diperlukan dalam sebuah organisasi, karena segala sesuatu bisa terorganisir, apa yang harus dikerjakan bawahannya.

Banyak contoh yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari yang menggunakan manajemen dalam organisasi. Yaitu, dalam pembangunan sebuah gedung diperlukan adanya seorang mandor bangunan yang mengatur segala sesuatunya. Dari rancangan bangunan, tunjangan bawahannya, dan persediaan alat juga bahan bangunan. Semua itu harus terorganisasi dengan baik dan sesuai rencana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar